Pada 25 April 2008 saya mendapat kiriman email dari Iwan Wibisono yang mampir ke situs web saya. Dalam email itu Iwan menulis:

Pak Yayan, apa dan jalan yang harus dimulai untuk menjadi penulis ?. Terima Kasih

Saya membalas email itu. Beginilah bunyi email balasan saya:


 Iwan,

 
Menurut pengalaman saya, untuk menjadi penulis, yang pertama-tama harus kita lakukan adalah menulis. Tak ada cara lain untuk mengawali langkah menjadi penulis selain menulis itu sendiri.
 
Hal lain yang akan menjadi akselerator proses menjadi penulis adalah membaca. Apa dan bagaimana kita menulis sangat dipengaruhi oleh apa yang kita baca. Semakin tidak suka membaca, semakin tidak bisa menulis. Semakin bagus buku yang dibaca, semakin terbuka peluang bahwa cara kita menulis dan subyek yang kita tulis juga bagus.
 
Ambil seluruh kesempatan menulis yang ada; termasuk berbagai peluang menulis yang diabaikan banyak orang saat ini. Misal, blog. Penuhi blog anda dengan tulisan yang bagus. Jangan asal-asalan ketika menulis artikel di blog. Terlibatlah dalam diskusi yang sehat di milis-milis yang anda suka. Setiap tanggapan anda di milis itu, tulislah seperti anda menulis artikel opini untuk sebuah surat kabar besar. Begitu juga ketika berkirim kabar lewat email, tulislah seperti anda menulis sebuah cerita yang layak muat di majalah terkemuka. Ambillah seluruh kesempatan menulis yang ada.
 
Semoga memberi inspirasi.
 
Salam
 
 
Yayan Sopyan