detikcom, Jakarta - Lingkungan Belajar dan Bekerja Mediakita (LBBM) hari ini meluncurkan dua e-book gratis berbahasa Indonesia berjudul "Dengan ModPlug Tracker, Membuat Musik Digital" dan "Riset di Internet". Demikian siaran pers Mediakita yang diterima detikcom, Senin (25/3/2002).

Dua buku elektronik tersebut dapat di-download secara cuma-cuma di www.lbbm.org/ebook. "Peluncuran kedua e-book tersebut menandai dimulainya kegiatan LBBM dalam penerbitan konten dalam format digital," demikian diungkapkan oleh M Farchan, salah satu Ketua LBBM.

Lebih lanjut Farchan menjelaskan, penerbitan e- book gratis ini dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan digital dalam masyarakat. "Kita menghadapi masalah kesenjangan digital yang cukup serius di hadapan masyarakat global yang semakin banyak memanfaatkan keunggulan teknologi. Dalam masyarakat kita, problem ini cukup kompleks," ujar Farchan.

Di beberapa negara, problem kesenjangan digital yang dihadapi oleh masyarakatnya muncul sebagai akibat dari tidak tersedianya infrastruktur. "Namun dalam masyarakat kita," lanjut Farchan,"selain persoalan infrastruktur, faktor-faktor yang terlibat dalam problem ini meliputi juga persoalan technology and digital literacy serta konten, demikian Farchan dalam siaran pers tersebut.

e-Book berjudul "Dengan ModPlug Tracker, Membuat Musik Digital" berisikan panduan praktis untuk memanfaatkan PC (personal computer) sebagai alat mengkomposisikan musik.Sementara dalam e-book "Riset Di Internet", pembaca dipandu untuk mengenali alat-alat dan cara-cara mencari informasi di Internet.

"e-Book ini merupakan pengembangan dari materi-materi yang pernah saya sampaikan di beberapa pelatihan jurnalistik," ujar Yayan Sopyan, penulis dua e-book ini.

Kedua e-book yang diterbitkan oleh LBBM ini merupakan file yang bisa langsung dijalankan oleh penggunanya tanpa memerlukan software tambahan. Tampilan e-book itu sendiri mirip dengan browser yang biasa dipakai untuk menjelajah Internet.

Keduanya dapat dijalankan di PC yang memakai MS Windows 95, 98, NT, ME maupun 2000 yang yang didalamnya terinstall MS Internet Explorer versi 4.0 atau yang terbaru.

"Kami sengaja memakai format file eksekusi yang berekstensi exe agar pengguna tidak dipusingkan oleh software-software tambahan. Juga, kami memilih e-book yang berjalan di atas sistem operasi Windows karena kebanyakan pengguna komputer kita memakai MS Windows sebagai sistem operasi di PC-nya," ujar Farchan memberikan alasan. (sgt)

(Dikutip dari detikinet.com, seperti dikutip oleh Cybertech)