Aktifnya Yayan dalam lingkungan cyber selama ini, antara lain dengan mendirikan situs Detikcom dan berselancar dan bergaul di dunia cyber, mendorongnya untuk mengurai macam apa dunia cyber sebenarnya. Sebelumnya, Yayan telah menulis dan menerbitkan buku elektronik Riset di Internet dan Dengan ModPlug Tracker Membuat Musik Digital.

Dari bentuk tuturannya, buku yang resmi terbit pada September lalu ini bukanlah kitab manual cara bergaul di dunia cyber, tapi sebuah novel dengan tokoh utama bernama Sadasa Bara. Namun, bagi orang yang awam soal pergaulan di internet, buku ini dengan baik menunjukkan berbagai sisi dunia itu.

Bagi Yayan, "Ini memang bukan buku fiksi. Bukan juga sebuah liputan jurnalistik. Dan sama sekali bukan didasarkan atas kisah nyata seseorang. Buku ini lebih merupakan catatan-catatan saya mengenai salah satu sisi dunia cyber," katanya.

Novel ini berkisah tentang Sadasa Bara yang bergaul dengan sahabat-sahabatnya lewat internet messanger dan surat elektronik. Dia berbincang dengan gadis kecil Irene yang jatuh cinta pada seorang lelaki yang ditemuinya di chat room. Yayan juga menyinggung soal cybersex meski hanya satu bab dan juga soal perselingkuhan di dunia maya.

Meski fiktif, tokoh-tokoh imajiner di buku ini punya alamat surat elektronik dan ID Yahoo! yang bisa dihubungi. Informasi lebih lanjut tentang buku ini ada di situs Romansa Cyber (http://www.romansacyber.com). Selain diterbitkan dalam bentuk cetak oleh Gagas Media, Romansa Cyber juga diterbitkan secara independen dalam bentuk buku elektronik yang tersedia di situs RumahTom (http://kios.rumahtom.com).

(Dikutip dari Koran Tempo Edisi 15 Desember 2003)