Ketiga Penulis adalah Mahasiswa Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta.

A. Pendahuluan

Peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 19 ayat (3) menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Terkait dengan penilaian hasil pembelajaran dalam ayat (3) tersebut, dalam Pasal 22 ayat (1) dinyatakan bahwa penilaian hasil pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam pasal 19 ayat (3) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Ayat (1) lebih diperjelas dalam ayat (2) yang menyatakan bahwa teknik penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa tes tertulis, observasi, tes praktik dam penugasan perseorangan atau kelompok. Peraturan pemerintah ini berarti mengakomodasi apabila pendidikan ingin menggunakan teknik yang lain, sepanjang masih relevan, seperti tes lisan, jurnal, inventori, penilaian diri dan penilaian antarteman serta penilaian portofolio.

Makalah ini mencoba mendeskripsikan jenis Penilaian Portofolio. Fokus pembahasan dalam makalah ini adalah review penilaian RosE-Portfolio di Rose-Hulman Institute of Technology, Terre Haute, Indiana, USA. Mereview RosE-Portfolio adalah menarik karena menggunakan media berbasis website dalam pelaksanaannya, dan terkait dengan Teknologi Pembelajaran yang di mana saat ini kita mendalaminya.

Makalah ini terdiri dari tiga subpokok pembahasan, yaitu: Makalah ini akan mendeskripsikan: 1) Penilaian Portofolio; 2) RosE-Portfolio di Rose-Hulman Institute of Technology. Subpokok pembahasan bagian ini sepenuhnya Tim Penulis terjemahkan dari paper yang berjudul “Asynchronous Assessment: Using Electronic Portfolios to Assess Student Outcomes” yang ditulis oleh Gloria M. Rogers dan Julia M. Williams. Kedua penulis ini adalah pejabat di Rose-Hulman Institute of Technology. Rogers adalah Vice President for Institutional Resources and Assessment, sedang Williams adalah Co-Chair of the Commission on the Assessment of Student Outcomes. Paper ini didownload tim penulis melalui http://www.engrng.pitt.edu/~ec2000/grant_papers/Rogers-ASEE-99.PDF; dan 3) Analisi RosE-Portfolio dalam kaitannya dengan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Nilai tambah (added value) dari makalah ini adalah untuk mengambil pelajaran dari pelaksanaan penilaian pembelajaran di luar negeri bagi pengembangan penilaian pembelajaran berbasis Ke-TP-an di Indonesia.