WARTA ANDALAS, AGAM - Untuk menambah kualitas dan kinerja personel, Agam Media Center (AMC) Kabupaten Agam, mengutus Andre Wijaya untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang tata kelola media center dan jurnalistik online di Lotos Ballroom B Lantai II Hotel Four Points by Sheraton Makasar, selama tiga hari mulai Rabu (27/4) sampai Jumat (29/4).

Direktur Pengelolaan Media Publik Ditjen IKP Kementerian Kominfo Sunaryo, mengatakan, kegiatan ini untuk memperkuat para petugas media center di daerah sehingga semua hasil berita dan foto bisa berkualitas.

Saat ini, dari 250 media center yang telah menerima bantuan hanya 70% saja yang aktif untuk mengisi informasi terkini berupa berita dan foto, sedangkan 30 % lainnya kurang aktif malah ada yang tidak melakukan aktifitas pengiriman informasi.

Sementara tujuan diciptakan portal infopublik untuk mencerdaskan dan meningkatkan pengetahuan semua masyarakat serta bisa dimanfaatkan oleh para pewarta daerah untuk berkonstribusi aktifitas pengiriman beritanya ke redaksi masing-masing.

Sunaryo berharap dengan Bimtek ini akan lahir sajian berita atau informasi dari daerah yang dikirim ke portal Infopublik.id dan dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Kedepan penyaji berita terbaik dari daerah akan di undang dan dilibatkan menghadiri acara-acara nasional.

Sebelum itu, Sekretaris Direktorat Jendral Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementrian Komonikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nurlaili mengatakan, tujuan bimtek ini diadakan memacu kembali para media center yang kurang aktif ini sehingga bisa bangkit kembali aktif dan yang aktif bisa lebih semangat untuk selalu aktif berkonstribusi serta menghasilkan yang lebih bagus lagi.

"Dari 60 peserta yang mengikuti bimtek ini, 30 peserta baru menerima bantuan pada 2015 dan 30 peserta lagi telah lama mendapat bantuan penguatan media center. Dari 30 peserta yang telah lama mendapat bantuan tersebut hanya 20 peserta yang selalu aktif melakukan kontribusi pengiriman informasi baik berita maupun foto sedangkan 10 orang besertanya kurang aktif," katanya.

Sementara narasumber yakni, Sunaryo Direktur Pengelola Media Center yang akan memberikan materi tentang media center daerah, Ahmed Kurnia Pemred Portal Berita Infopublik yang akan berikan tata kelola media center, Eka Yunavilbia yang akan berikan teknik penulisan berita untuk Portal Infopublik, Agus Setia Budiawan Redaksi Foto sekaligus Fotographer portal Infopublik yang akan memberikan foto untuk portal Infopublik, J.Heru Margianto dari Kompas.com yang akan memberikan penyusunan berita media online, Yayan Sopyan dari praktisi media online yang akan memberikan materi tentang membangun citra positif melalui media online dan Choirul Umami dari tim teknis IT portal berita media online yang akan memberikan materi tentang teknis pengiriman berita ke portal Infopublik..(jon)

Sumber Berita: warta-andalas.com